Sabtu, 20 April 2013

Sukses karena Tekad & Niat


Sukses Karena Tekad & Niat :
Kisah Sukses Arif Sudharno Putro

Sebagian orang beranggapan bahwa untuk menjadi orang yang terlihat keren dan prospek yang bagus adalah dengan masuk di Jurusan yang keren dan diminati banyak orang. Mungkin statement itu berlaku 10 sampai 20 tahun kebelakang, tapi tidak untuk saat ini. Tidak semua jurusan yang kurang diminati atau kurang banyak orang yang tahu berarti prospeknya tidak bagus. Ingat “yang langka” itu berbeda  dan “yang langka” itu yang dicari. Jurusan Ilmu Perpustakaan meskipun dulunya tidak banyak orang yang tau dan sedikit orang yang minat terhadap jurusan ini, tapi sedikit orang itulah yang tahu bahwa kedepannya prospek dari jurusan ini sangat bagus.
Salah satunya adalah Arif Sudharno Putro,
berikut sedikit biodata tentangnya :

a.         Nama                          : Arif Sudharno Putro, SIP.
b.         Tempat, tanggal lahir  : Purwokerto, 1 Juli 1986
c.         Alamat                         : Jobohan Rt/Rw 04/23 Bokoharjo, Prambanan Sleman, 55572
d.        E-mail                          : ariphholic@gmail.com,
e.         Facebook                    : Ariph Holic

Mas Arif Sudarno Putro  atau biasa di panggil mas Arif. Ia mulai masuk kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2005. Alasan ia masuk jurusan ini karena yang pertama memang keinginan orang tua dan rekomendasi dari tetangganya yang memang dosen di UIN dan tahu kalau prospek dari jurusan ini memang bagus, oleh sebab itu mas arif memantapkan tekad untuk masuk di jurusan Ilmu Perpustakaaan .
Setelah menjalani kuliah di jurusan ini Mas Arif menemukan sesuatu yang menarik baginya dan juga bagi mahasiwa jurusan Ilmu Perpusakaan sekarang yaitu pada bidang Teknologi Informasi. Selama ini masyarakat mungkin memandang kalau jurusan ilmu Perpustakaan hanya bergelut pada bidang perpustakaan yang dianggapnya kuno, tapi itu salah besar. Di jurusan ilmu perpustakaan kita juga diajari tentang teknologi informasi, mulai dari desain web, otomasi perpustakaan, dan lainnya. Selain hal yang ia sukai di jurusan ini , ada juga yang tidak disukainya dulu saat kuliah seperti belum ada kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tetapi semuanya tidak membuatnya goyah dan pindah jurusan karena mas arif ini adalah tipikal orang yang istiqomah *ngakunya* :D .
Selama kuliah, tidak hanya kegiatan kuliah yang mas arif jalani. Ia juga bukan termasuk orang yang yang aktif di organisasi, pernah sebentar bergabung dengan ALUS. Kegiatan kuliah Mas arif diselinginya dengan kegiatan magang, antara lain Magang 3 bulan scanning n upload Jurnal Al-Jamiah di UPT perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Magang upload skripsi di UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kemudian ia juga menjadi Panitia lomba tulis Artikel Perpustakaan Nasional 2009 di Teratama Technology System (Februari 2009 – November 2009), dan menjadi Tim Webometrics UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Mei 2010 – Desember 2010).
Mas Arif Wisuda pada bulan Juli 2011, tapi sebelum sampai pada saat yang sangat membahagiakan ini mas Arif juga melewati hal-hal yang menggalaukan. Dimulai dari tahun 2009, mulai mencari judul skripsi sampai ganti-ganti judul. Akan tetapi di tahun itu ia belum sepenuhnya fokus mengerjakan skripsi karena masih disibukkan dengan magang di UPT Perpustakaan UIN. Tahun 2010 adalah tonggak awal kebangkitannya  untuk mengerjakan skripsi. Step by step ide ide bermunculan, hingga suatu ketika ia ingin ganti judul, tetapi topiknya tetap sama yaitu tentang SLIMS, pembimbingnya dulu keberatan untuk membimbing kalau ia ingin ganti judul, tetapi berdasarkan penghayatan dan pendalaman serta kenyamanan maka keputusannya sudah bulat, yaitu ganti judul dan Mas Arif pun akhirnya ganti pembimbing juga.
Disambi mengerjakan project lain, skripsi pun tetap dikerjakan,  bimbingan berkali-kali, bolak balik revisi adalah makanan wajib bagi para skripsiwan dan skripsiwati. Akhirnya skripsi dengan judul “Analisis Penggunaan SliMS dalam memenuhi kebutuhan otomasi di Perpustakaan Teknik Geologi UGM” selesai dan pada bulan Juni 2011 keluarlah Nota Dinas sehingga skripsi layak untuk di munaqosyah. Dan akhirnya tanggal 30 Juli 2011 Mas Arif wisuda *Alhamdulillah J*
Setelah wisuda bulan Juli, biasanya bulan Agustus – Oktober adalah musimnya penerimaan CPNS, tetapi ditahun 2011 – 2012 ada moratorium CPNS. Mas Arif sempat kecewa tapi  sesaat, karena roda kehidupan mesti berjalan. Setelah wisuda ia mengerjakan proyek otomasi perpustakaan menggunakan SLIMS di berbagai tempat, diantaranya Perpustakaan Bopkri 2 Yogyakarta, Perpustakaan SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, Perpustakaan Pascasarjana STISIP Kartika Bangsa Yogyakarta, lalu dikutsertakan oleh perpustakaan UIN untuk ikut dalam Block Grant Project Kementerian Agama di Perpustakaan MTS Al-Ikhwan Sinjai, Sulawesi Selatan, lalu proyek otomasi perpustakaan terakhir yang dia kerjakan adalah di Perpustakaan STP AMPTA Yogyakarta.
Sekarang Mas Arif Sudarno Putro ini bekerja sebagai Pustakawan di Amikom Resource Center. Tidak hanya itu,  atas dorongan orang tua dan kehendak sang Khalik, saat ini mas Arif masih melanjutkan kuliah di Program Pascasarjana Program Studi Interdiciplinary Islamic Studies konsentrasi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga.
Perjalanan kuliah Mas Arif begitu panjang dan banyak diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan tentu memberi pengalaman yang berharga.  Gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan sudah diraihnya, dan gelar Magister pun masih ia kejar. Dari  Jurusan Ilmu perpustakaan ia menjadi seseorang yang cukup sukses dan mampu membanggakan keluarganya. Semoga kedepannya ia juga menjadi orang yang lebih sukses dari sekarang dan mampu meraih apa yang masih menjadi cita-citanya. Amiin J
Terima kasih Mas Arif sudah berbagi pengalaman dengan adik-adik kelas Jurusan Ilmu Perpustakaan ini, semoga cerita suksesmu menjadi semangat bagi kita J. Maaf apabila ada tulisan yang kurang berkenan.
Pesan dari mas Arif “Man Jadda wa Jada” , Barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka pasti terwujud.
Ganbatte !! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar