Minggu, 24 Februari 2013

KENALAN SAMA PUSTAKAWAN



Kenalan sama Pustakawan

Pengertian pustakawan dalam UU No. 43 tahun 2007, Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

Ibaratnya kalau kemampuan seorang chef itu adalah memasak dan menyajikan makanan agar bisa dinikmati dan dikonsumsi oleh konsumen, kalau pustakawan itu mengolah dan menyajikan informasi dengan system tertentu agar bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh pengguna informasi. Pustakawan bisa juga disebut dengan konsultan informasi karena pustakawan bisa memberikan rujukan mengenai informasi apa yang anda cari dan membantu memecahkan persoalan. Yaaa … kalau dokter itu membantu mengobati penyakit pasienya, kalo pustakawan itu membantu mengobati keresahan hati pemustaka dan mengurangi beban pikiran mereka :D
Kemampuan yang dimiliki oleh pustakawan itu banyak, contohnya marketing (mata kuliah pemasaran) disini mahasiswa perpustakaan diajarkan bagaimana memasarkan perpustakaan dalam arti agar masyarakat mengenal perpustakaan dan dapat memanfaatkan perpustakaan untuk kepentingan sehari-hari.
Pustakawan juga tidak hanya memberikan rujukan informasi berupa buku, tapi pustakawan itu juga tidak gaptek (gagap teknologi). Disini kami diajari bagaimana cara mencari informasi atau menemukan kembali informasi baik dari buku maupun internet pada search engine (mata kuliah temu kembali informasi)
Kemampuan lain yang kami miliki yaitu otomasi perpustakaan, yaitu bagaimana pengolahan sudah menggunakan computer dan software otomasi contohnya SLiMS, kemudian analisis subyek yaitu tanpa membaca seluruh isi buku pustakawan mampu menntukan subyek dr buku tsb, dan kemampuan lain seperti klasifikasi buku, katalogisasi, deskripsi bibliografi dari bahan yang berbentuk multimedia atau elektronik dan buku yang menggunakan bahasa jawa maupun bahasa arab, kami mempelaarinya disini.
Sama halnya seorang guru , seorang pustakawan juga berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui peran Pustakawan dalam mengolah informasi menjadi pengetahuan yang kemudian I konsumsi oleh khalayak banyak, maka hal tersebut merupaka tindakan yang sangat mulia. Tidak mulia gimana? Dengan tunjangan dan pencitraan yang cenderung minimal dia (Pustakawan) mampu mengerjakan dan melakukan berbagai macam kegiatan bermanfaat bagi orang lain. Jadi buang jauh-jauh deh rasa malu kawan-kawan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan kawan-kawan Pustakawan semua. Kita adalah pelopor utama pengolah Informasi yang sangat mulia dan patut untuk dimuliakan. Satu lagi , untuk para pembaca yang mungkin notabennya bukan dari Perpustakaan juga buang jauh-jauh deh persepsi tentang setengah porsinya pada profesi pustakawan.. Pustakawan itu sahabat kita semua, sahabat Negara menuju kecerdasan dan kehiduan yang jauh lebih baik ^_^ Salam Pustakawan JJJ

1 komentar:

  1. tapi jangan mau terus klo mempertahankan tunjangan yang ada dibawah. sebagai profesi yang masuk kedalam jabatan fungsional pustakawan pun mendapatkan tunjangan yang lumayan. sama hal nya seperti guru dan PNS fungsional2x lainnya, tapii sayangnya hanya di daerah perkotaan saja Pustakawan sudah tahap advokasi, klo di pedesaan dan di daerah2x masih tahap apresiasi.. itu juga gak semua, tinggal kita bisa memperjuangkan nasib kita sendiri.. :)

    BalasHapus